Vaksinasi Dengan View Indah

Untuk mempercepat pemulihan destinasi wisata di Indonesia khususnya Yogyakarta, De Mangol Resto dan Puskesmas Patuk 1menggelar vaksinasi massal COVID-19 bagi 400 warga Patuk dan DIY pada hari Senin 23 Agustus 2021.

 

Kolaborasi ini merupakan bentuk kepedulian De Mangol terhadap masyarakat Yogyakarta khusunya Patuk serta turut membantu pemerintah melaksanakan program vaksinasi nasional COVID-19. Melalui kerjasama ini diharapkan semakin memperluas cakupan vaksinasi, sehingga kekebalan kelompok  (herd immunity) bisa segera tercapai.

Dari kegiatan yang bertema Vaksin Asyik Dengan View ini memiliki antusias yang sangat luar biasa dari masyarakat Patuk, Yogakrta dan masyrakat umum bahkan banyak media yang meliput seperti Inews, TVOne, TVRI, JogjaTV dan lainnya karena ini salah satu hal berbeda untuk vaskinasi dengan pemandangan yang indah.

 

“Ini tidak mungkin bisa saya atau Kementerian Kesehatan lakukan sendiri, tetapi harus bersama teman-teman semua. Untuk itu, dalam pelaksanannya harus melibatkan seluruh komponen bangsa agar cakupan vaksinasi bisa dipercepat dan diperluas,” kata Menkes.

 

Atas terjalinnya kerja sama ini, De Mangol mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh pihak yang telah terlibat. Ke depan, ia berharap kolaborasi dan sinergisitas lintas sektor maupun program, bisa terus dibangun.

 

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaungkapkan pentingnya vaksinasi untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata khususnya Yogyakarta. Sebab, dengan interaksi dan mobilitas yang tinggi para pelaku pariwisata sangatlah rentan terinfeksi COVID-19. Vaksinasi menjadi harapan besar untuk mewujudkan kawasan wisata yang aman dan sehat.

“Menurut kami ketika sektor pariwisata kembali bergeliat, ekonomi Indonesia pun niscaya dapat kembali pulih dan sumber mata pencaharian rakyat pun dapat dipertahankan. Untuk masyarakat, kami imbau agar tidak perlu takut untuk divaksin karena efektif menekan penyebaran virus. Mari bersama-sama kita dukung program vaksinasi nasional demi percepatan pemulihan ekonomi nasional.”

 

Dalam kegiatan ini ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk pendaftaran vaksinasi di De Mangol yaitu dengan mengisi form online yang dibuat oleh pihak kami dan harus terdaftar dalam platform pemerintah yaitu pedulilindungi.id. adanya layanan ini semakin mempermudah sasaran karena tidak saling berebutan vaksin tersebut. Pada tahap registrasi, peserta hanya menyerahkan bukti konfrimasi Whatsapp dan KTP untuk diverifikasi serta mengisi lembar skrining.

Selanjutnya, peserta diarahkan menuju zona skrining kesehatan. Pada tahap ini, dilakukan pemeriksaan dasar seperti cek suhu, tekanan darah serta diberikan beberapa tambahan pertanyaan.

Jika dinilai layak, sasaran menuju ke area penyuntikan vaksin COVID-19. Setelah disuntik, sasaran selanjutnya menuju area observasi. Di lokasi ini telah disiagakan petugas kesehatan dan mini ICU. Apabila muncul gejala maupun reaksi tertentu, peserta bisa langsung ditangani.

 

Setelah observasi dan tidak muncul gejala tertentu, selanjutnya peserta boleh langsung meninggalkan area vaksinasi agar tidak terjadinya penumpukkan ataupun kerumunan.

 

Penyelenggara memastikan seluruh proses vaksinasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan menyediakan fasilitas cuci tangan maupun hand sanitizer di lokasi vaksinasi. Untuk mencegah terjadinya penumpukan, peserta vaksinasi harus datang sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan di undangan.

Sejauh pelaksanaan vaksinasi, dilaporkan tidak ada efek samping serius yang ditimbulkan. Para peserta vaksinasi mengaku tidak mengalami gejala maupun reaksi tertentu.

“Dengan adanya vaksin ini saya sangat senang dan bangga, karena pemerintah lebih serius meningkatkan kesehatan masyarakat terlebih vaksinasi dengan view indah ini membuat saya betah berlama-lama disini” kata Adam.

Previous
Previous

MERAPI PARK & DEMANGOL BERPARTISIPASI DALAM EVENT PUTRI TRAVEL FAIR DI NEO SOHO, JAKARTA.

Next
Next

Udara Yang Sejuk, Pemandangan Yang Hijau Ciri Khas De Mangol